Blog PKL Kadek Angga Tibi Nugraha ( Universitas Pendidikan Ganesha )_PKL Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng

Pengalaman selama melakukan kegiatan PKL di Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng dibagian Tim Media.




Gambar Logo Universitas Pendidikan Ganesha
Link Menuju Website Undiksha: https://undiksha.ac.id/en/

    Halo semua, perkenalkan nama saya Kadek Angga Tibi Nugraha Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha, jurusan Seni dan Desain dari program studi D3 Desain Komunikasi Visual. Pada kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan) yang dilaksanakan pada awal semester 6 ini, saya dan 2 teman saya yang bernama I Nengah Junyartawan dan Ketut Agus Mahayasa mendaftar PKL di Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng.


Gambar Logo Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng

    Pada tanggal 8 Januari 2024 kami berkunjung ke kantor Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng untuk bertemu dengan ibu sekdis dari Dinas Kebudayaan untuk menanyakan apakah bersedia menerima mahasiswa untuk melakukan PKL di Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng. Kemudian pada tanggal 30 Januari 2024 kami mengirimkan surat permohonan PKL kami. Pada keesokan harinya kami dihubungi bahwa kami diterima untuk melaksanakan PKL di Dinas Kebudayaab Kabupaten Buleleng dan langsung bisa melaksanakan hari pertama PKL pada tanggal 5 Februari.

    Pada hari pertama melaksanakan kegiatan PKL, kami diberikan arahan-arahan bagaimana mekanisme dalam bekerja dan segala peraturan yang ada. Kami di tempatkan di Tim Media yang dimana merupakan bagian yang mengelola website, dan sosial media.

    Kegiatan PKL dilaksanakan setiap hari senin - jumat. Setiap pagi pasti akan dilaksanakan kegiatan APEL yang wajib diikuti seluruh staff yang ada. Selama saya menjalani PKL, saya sudah mengerjakan berbagai macam jobdesc, seperti membuat desain feed untuk kebutuhan instagram, editing video untuk keperluan tiktok dan youtube, melakukan dokumentasi dari berbagai macam event baik itu event mingguan atau bulanan.

    Berikut merupakan beberapa kegiatan / karya yang sudah saya kerjakan :

Gambar 1 : Kegiatan APEL pagi

Gambar 2 : Membuat desain Selamat Hari Raya Galungan lan Kuningan untuk kebutuhan feed Instagram.

Gambar 3 : Dokumentasi kegiatan Lomba Bulan Bahasa.


Gambar 4 :  Dokumentasi kegiatan Pekan Apresiasi Seni ( PAS ) yang dilaksanakan di Taman Bung Karno Singaraja.

Gambar 5 : Dokumentasi kegiatan Hut Kota Singaraja yang ke-420 yang diselenggarakan di Gor Bhuana Patra.


    Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng yang telah menerima saya untuk PKL. Selama menjalankan PKL 2 bulan, walaupun dengan waktu yang singkat tetapi banyak pengalaman, wawasan serta ilmu yang saya dapatkan. Saya berharap dengan kehadiran saya mampu memberikan kesan yang baik kepada teman-teman dan seluruh staff di Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng.



Comments

Popular posts from this blog

LOGO, NAMA BRAND, POSTER DIGITAL